"Padded Leather" Modeling Tutorial Part 3


Making of Padded Leather Part 3

Now we talk about making of  "Padded Leather Bedhead"  i hope it's easy to follow.
* Save  :  Click images > Right click > Save Image as 

Sekarang kita akan mencoba membuat modeling "padded Leather" yang lebih komplek untuk sebuah Bedhead. semoga mudah di mengerti
* untuk save gambar klik pada gambar > klik kanan > Save Image as

Download 3d Model ( *max file 3dsmax 2011 ) click here : Mediafire

1. Start from point of view "Front" then go to > Create Panel > Shape > Line > Start draw like this ( see the picture below )

Di mulai dari tampak depan "Front View" kemudian > Create Panel > Shape > Line > gambar sebuah pola bedhead seperti contoh di bawah


2. Select Line > Right Click > Convert to Editable Poly > surface automatically closed

Pilih pola "Bedhead" > Klik kanan > Convert to Editable Poly > hasilnya otomatis pola akan tertutup

3. With "Vertex" selection > adding some diagonal line with "Quick Slice"( see the picture below )

dengan memilih seleksi "Vertex" kemudian Tambahkan garis diagonal dengan :"Quick Slice"  hingga membentuk pola wajik

4.  Select vertex > Adding some horizontal and vertical line with "Cut"

Pilih vertex Kemudian sambungkan titik-titik vertex dengan "Cut"  hingga membentuk garis horizontal dan vertikal > ikuti contoh

5. Select all highlighted vertex > Weld > to joining all vertex

Seleksi vertex di bagian yang saya tandai, kemudian pilih "weld" untuk memastikan semua vertex bersatu secara sempurna

6. Select vertex > Chamfer > to make some additional circle

Seleksi vertex ( lihat gambar ) > kemudian pilih "Chamfer" agar tercipta sebuah lingkaran

7.  Select "Polygon" > select all circles > delete

Dengan seleksi "Polygon" pilih  semua lingkaran bagian tengah > kemudian delete

 8.  Select All Diagonal Edges > Chamfer

Seleksi semua garis "Edge" diagonal > kemudian pilih "Chamfer"

9. Adding more Edges,  inside the diagonal line with "Connect"

tambahkan "Edge" di bagian tengah dengan cara pilih 2 edge di pojok lingkaran > Kemudian  "Connect"

10.  The Result Should be like this !

Hasilnya seperti gambar di bawah ini

11.  With "Border" Selection > Select border > Extrude backward ( press shift+drag)

Extrude bedhead dengan seleksi "Border" > klik bagian belakang bedhead > kemudian tarik kebelakang sembari menekan tombol "Shift" di keyboard
12. Select Polygon > delete

Dengan seleksi "Polygon" pilih 4 face yang saya tandai kemudian delete ( agar nanti waktu di aplikasikan modifier "Symmetry"  bentuk menjadi sempurna
13. Select "Vertex" > Pull forward

pilih Vertex di area yang saya tandai > Tarik kedepan

14. Select "Vertex" then adding more line inside the hole with "Cut"

Tambahkan garis di bagian dalam lubang untuk memperoleh efek "Kerutan" dengan seleksi Vertex kemudian gunakan "cut" > klik di titik yang saya tandai ( ulangi langkah ini di area yang lain )

15 . in Point of view Perspective > Move all mid vertex to the bottom with "Snap 3d"

Aktifkan Snap 3D di view Peerspektif  kemudian Snap kan vertex bagian tengah ke bagian bawah lubang ( ulangi langka ini di area yang lain )

16. in Point of view Perspective > Move all corner vertex to the Highlighted area with "Snap 3d"

masih di view Perspektif > Snap 3d > snap kan ke area yang saya kasih tanda

17. Select Edges ( see the picture below ) > Connect

Dengan seleksi "Edge"  > pilih edge seperti gambar kemudian "Connect"

18. The Result should be Like this! repeat step 17 at other area

Setelah di tambahkan garis dengan "Connect" hasilnya seperti gambar di bawah ( ulangi langkah 17 untuk area yang lain )

19. Select mid vertex > Pull Forward

Pilih "Vertex" bagian tengah kemudian tarik kedepan ( untuk mengurangi efek cekungan pada kerutan bedhead nantinya )

20. Result

Hasilnya kurang lebih seperti ini

21.  Use NURMS Subdivision, Iterations = 2 to get smooth result

Gunakan Use NURMS Subdivision dengan Iterations = 2 untuk mendapatkan hasil yang smooth

22. . Move "Transform Gizmo" to the middle of bed head

pindahkan "Transform Gizmo ke tengah bedhead > ke Hierarchy > Affect Pivot Only > kemudian geser ke sebelah kiri ( karena kita hanya perlu membuat setengah dari modeling ini, kemudian kita aplikasikan modifier Symmetry )

23. Select Object > Modifier List > Symmetry >...Finish...Congratulation!

Klik objek > kemudian ke modifier list > Symmetry > Selesai...selamat anda berhasil membuat bedhead dengan kerutan yang real. terima kasih

1 comment: